Rabu, 16 Mei 2012

E-Learning Gratis

Bila sebelumnya pada postingan yang berjudul Desain Media Pembelajaran E-learning telah membahas pembuatan blog dan web secara gratis untuk pemanfaatannya sebagai elearning, maka pada postingan kali ini penulis juga akan membagi informasi mengenai pembuatan elearning menggunakan moodle yang benar-benar gratis (terkecuali akses internetnya..), tidak begitu merepotkan karena tidak dipusingkan lagi dengan penginstalan pada hosting website. Pengajar hanya perlu mengetahui dan menguasai penggunaan atau pengoperasian moodle untuk pembelajaran nantinya. Bagi anda yang ingin tau banyak tentang moodle silahkan kunjungi komunitas moodle disini.
Info e-learning gratis ini sebagai pilihan dan solusi setelah mencoba dan mengaplikasikan Desain Media Pembelajaran E-learning pada postingan sebelumnya yang merepotkan dan memiliki kekurangan khususnya kendala saat instalasi moodle di hosting gratis.

Situs elearning gratis ini dapat pula dilampirkan/di-link dalam blog ataupun website yang kita miliki. Adapun mengenai pembuatan blog dan web sebagai elearning gratis dapat dilihat di postingan Desain Media Pembelajaran E-learning harisbahar.blogspot.com. Namun anda juga dapat hanya menjadikannya situs tunggal bila tidak ingin repot mengurusi blog atau situs anda yang lain.

Sebelum menggunakan layanan situs e-learning gratis ini selayaknya anda bijaksana dalam pemanfaatan dan pendaftaran domainnya, disarankan anda mandaftarkan domain tidak lebih dari dua. (daripada anda menyewa hosting dengan kapasitas besar dan tentu mengeluarkan biaya besar pula, tidak ada salahnya jika anda bijaksana...) Mengapa demikian...?? Selain karena gratis, penyedia layanan ini bukan perusahaan melainkan sukarelawan dari Spanyol yang berbaik hati dan menyempatkan diri untuk membantu penggunaan elearning dalam pendidikan. Untuk berlanjut dan bertahannya layanan ini anda dapat berdonasi dengan membayar 15 Euro/bulan hingga 100 Euro/tahun, dengan donasi itu iklan di domain anda akan dihilangkan serta berbagai layanan lebih dapat pula anda peroleh dibandingkan bila anda hanya menggunakan layanan ini secara gratis.   (hR)

Contoh situs elearning gratis milik penulis dapat anda lihat disini , untuk mendaftar silahkan klik disini.


Tulisan elearning gratis ini dapat anda copy paste dengan menyertakan sumbernya yaitu harisbahar.blogspot.com

Salam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar